Minggu, 05 Mei 2013

RPP IPS TERPADU KELAS VII SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMP NEGERI 40 SURABAYA
Mata Pelajaran            :  IPS
Kelas / Semester          :  VIII / 1
Alokasi waktu             :  6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
Tema                           :  Kota Metropolitan
Topik                           :  Pengaruh ekonomi dalam interaksi sosial di kota Surabaya.

A.    STANDAR KOMPETENSI
        2. Memahami kehidupan sosial manusia.
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.

B.     KOMPETENSI DASAR
2.1.Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
       2.2. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian
       2.3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
       3.2. Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

C.    INDIKATOR
   Kognitif :
1.    Mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi  sosial terhadap pembentukan  motif  ekonomi.
2.    Mendeskripsikan tindakan ekonomi merupakan suatu bentuk interaksi sosial.
3.    Mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.

Afektif :
1.    Mengembangkan sikap religius.
2.    Mengembangkan rasa ingin tahu.
3.    Mengembangkan sikap demokratis.
4.    Mengembangkan sikap kerja sama.
5.    Mengembangkan sikap komunikatif.

Psikomotor :
1.    Membuat laporan hasil diskusi kelompok.
2.    Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui presentasi.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
 Kognitif :
1.    Melalui penjelasan guru siswa mampu mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi  sosial terhadap pembentukan  motif  ekonomi.
2.    Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mendeskripsikan Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.
3.    Melalui diskusi kelompok dan presentasi, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.

Afektif :
1.    Melalui kegiatan memperhatikan pejelasan guru, siswa mampu mengembangkan rasa ingin tahu
2.    Melalui diskusi kelompok, siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dan demokratis.
3.    Melaluli kegiatan presentasi, siswa siswa mampu mengembangkan sikap keberanian

Psikomotor:
1.          Melalui diskusi dan kerjasama kelompok, siswa mampu menyusun laporan hasil diskusi.
2.          Melalui presentasi, siswa mampu mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui presentasi

E.   MATERI PEMBELAJARAN
  1. Interaksi sosial sebagai proses sosial
  2. Sosialisasi sebagai proses pembentukankepribadian
  3. Bentuk-bentuk interaksi sosial
  4. Tindakan dan motif ekonomi
  5. Prinsip ekonomi

F.     MODEL / METODE  PEMBELAJARAN
Kooperatif  Tipe Examples non Examples

G.    SKENARIO / LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ø  Pertemuan I
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN

KARAKTER
-    Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)







-    Kegiatan inti (60 menit)


















-    Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
-    Memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-    Memulai pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa menurut agama masing-masing.
-    Memotivasi peserta didik untuk ulet dan bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-    Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang interaksi sosial dan motif ekonomi.

-    Guru mempersiapkan gambar-gambar tentang Interaksi sosial dan motif ekonomi.
-    Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan melalui LCD.
-    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
-    Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4 siswa.
-    Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap kelompok untuk dianalisa.
-    Melalui diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas sebagai laporan  hasil diskusi kelompok.
-    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
-    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi pengaruh proses Interaksi  sosial terhadap pembentukan  motif  ekonomi.

-  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
-  Guru memberitahu siswa tentang topik pada pertemuan selanjutnya, yaitu Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.


Religius












rasa ingin tahu.


kerja sama


demokratis


komunikatif











Ø  Pertemuan II
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN

KARAKTER
-    Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)







-    Kegiatan inti (60 menit)


















-    Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
-    Memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-    Memulai pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa menurut agama masing-masing.
-    Memotivasi peserta didik untuk ulet dan bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-    Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.

-    Guru mempersiapkan gambar-gambar tentang Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.
-    Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan melalui LCD.
-    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
-    Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4 siswa.
-    Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap kelompok untuk dianalisa.
-    Melalui diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas sebagai laporan  hasil diskusi kelompok.
-    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
-    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.

-  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
-  Guru memberitahu siswa tentang topik pada pertemuan selanjutnya, yaitu pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.



Religius












rasa ingin tahu.


kerja sama


demokratis


komunikatif












Ø  Pertemuan III
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN

KARAKTER
-    Kegiatan awal / pendahuluan (5 menit)






-    Kegiatan inti (60 menit)



















-    Kegiatan akhir / penutup (15 menit)
-    Memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas
-    Memulai pelajaran dengan bersama-sama membaca basmalah, bagi siswa non muslim berdoa menurut agama masing-masing.
-    Memotivasi peserta didik untuk ulet dan bekerja keras secara kreatif untuk mencapai sukses.
-    Dilanjutkan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
-    Guru mempersiapkan gambar-gambar tentang pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
-    Guru menunjukkan gambar yang ditayangkan melalui LCD.
-    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
-    Guru membentuk kelompok dengan anggota masing-masing 4 siswa.
-    Guru membagikan LKS berisi gambar /foto kepada tiap kelompok untuk dianalisa.
-    Melalui diskusi kelompok 4 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas sebagai laporan  hasil diskusi kelompok.
-    Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
-    Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.

-  Guru mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas dan meminta laporan hasil diskusi kelompok.
-  Guru meminta siswa untuk membuat kliping dari media massa/online tentang pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian yang dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.



Religius












rasa ingin tahu.

kerja sama



demokratis


komunikatif












H.    SUMBER BALAJAR
Buku IPS Terpadu BSE, Gambar/Foto dari internet, kliping Koran dan Bahan Ajar.

I.       PENILAIAN
      Indikator Pencapaian
  1. Mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi  sosial terhadap pembentukan  motif  ekonomi.
  2. Mendeskripsikan Tindakan ekonomi merupakan suatu bentuk interaksi sosial.
  3. Mengidentifikasi pengaruh sosialisasi prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.

     Teknik Penilaian
a     Tes tulis                      
b.    Non Tes

      Bentuk Instrumen
a.       Soal Essay
b.      Unjuk Kerja : Laporan Hasil Diskusi Kelompok.
c.       Uji petik unjuk kerja : Kliping







LAMPIRAN

A.    INSTRUMEN EVALUASI
      Soal Essay
  1. Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
  2. Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas ?
  3. Jelaskan prinsip ekonomi yang benar!
  4. Pada umumnya apakah yang menjadi motif ekonomi yang dilakukan manusia?
5.      Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi!

B.     RUBRIK PENILAIAN
1.      Soal Essay

NO
SOAL
BOBOT
SKOR max
NILAI
1.
Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
5
4

2.
Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas ?
5
4

3.
Jelaskan prinsip ekonomi yang benar!
5
4

4.
Pada umumnya apakah yang menjadi motif ekonomi yang dilakukan manusia?
5
4

5.
Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi!
5
4

Jumlah

Petunjuk    : 
Skor = 0, 1, 2, 3, 4
Nilai akhir = (bobot x skor)

2.      Pedoman Penilaian Presentasi Kelompok
Nama                          :
Tugas kelompok        :

NO
KOMPONEN

BOBOT
SKOR
NILAI
1.



2.



3.


4.

PENGUASAAN MATERI
a.       Kemampuan konseptualisasi
b.      Kemampuan menjelaskan
c.       Kemampuan berargumen
PENYAJIAN
 a     Sistematika penyajian
 b.    Visualisasi
 c.    Kemampuan menarik minat dan perhatian
KOMUNIKASI VERBAL
a.       Penggunaan bahasa
b.      Intonasi dan tempo
KERJASAMA KELOMPOK
a.       Kontribusi anggota kelompok dalam menyampaikan presentasi

15
15
15

10
10
10

10
5

10


Jumlah
100




Petunjuk    : 
Skor = 0, 1, 2, 3, 4, 5
Nilai akhir = (bobot x skor) : 5


                           Mengetahui                                                      Surabaya, 9 Agustus 2012
            Kepala SMP Negeri 40 Surabaya                                           Guru Mapel
           



        Dra. Laili Fadila, MM                                                 Supriyanto, S.Pd.
            NIP.    19620313 198703 2 010                                 NIP.19760422 200801 1 006