RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 40 Surabaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Alokasi Waktu : 6 X 40 Menit ( 3 X Pertemuan )
A. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan Pengertian manusia sebagai makhluk sosial
2. Memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup dan lingkungannya (mengandung muatan saling ketergantungan dan norma yang mengaturnya)
3. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
B. Indikator
1. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial, makhluk individu dan makhluk ekonomi.
2. Menggolongkan berbagai kebutuhan manusia
3. Mendeskripsikan sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
4. Memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup dan lingkungannya (mengandung muatan saling ketergantungan dan norma yang mengaturnya)
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial
2. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk individu
3. Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi
Pertemuan 2
1. Melalui telaah referensi, dan penugasan, siswa dapat menggolongkan macam-macam kebutuhan manusia
2. Melalui sharing dengan temannya, siswa dapat memberikan contoh macam-macam kebutuhan manusia
Pertemuan 3
1. Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang bermoral baik dalam memenuhi kebutuhan
2. Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang bermoral tidak baik dalam memenuhi kebutuhan
3. Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup dan lingkungannya
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Manusia sebagai makhluk sosial
- Manusia sebagai makhluk individu
- Manusia sebagai makhluk ekonomi
Pertemuan 2
- Pengertian kebutuhan
- Macam-macam kebutuhan
Pertemuan 3
- Perilaku manusia yang bermoral baik dalam memenuhi kebutuhan
- Perilaku manusia yang bermoral tidak baik dalam memenuhi kebutuhan
E. Metode Pembelajaran
- Presentasi
- Pembelajaran kooperatif
- Penugasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemu-an ke | Kegiatan | Karakter |
Satu | Pendahuluan :( 10 Menit ) - Apersepsi : Memberikan informasi tentang kompetensi, materi, indokator dan penilaian pada KD - Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari. - Menggali pengetahuan awal siswa tentang hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui tanya jawab/kuis. Kegiatan Inti : (60 menit) - Siswa menerima informasi tentang hakekat manusia sosial, makhluk individu dan makhluk ekonomi dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang - Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 1 - Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan Penutup : (10 menit) - Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari | - Rasa ingin tahu - Kerja Keras - Peduli lingkungan - Rasa ingin tahu - Disiplin - Demokratis - Toleransi - Menghargai Prestasi - Peduli lingkungan - Tanggung Jawab - Bersahabat - Kreatif, Inovatif |
Dua | Pendahuluan : (10 Menit) - Apersepsi : Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari. - Menggali pengetahuan awal siswa tentang kebutuhan manusia dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya melalui tanya jawab/kuis.. Kegiatan Inti : (60 Menit) - Siswa menerima informasi tentang kebutuhan dan macam-macam kebutuhan dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang - Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 2 - Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan Penutup : (10 Menit) - Membimbing siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran yang telah dipelajari | - Rasa ingin tahu - Kerja Keras - Peduli lingkungan - Rasa ingin tahu - Disiplin - Demokratis - Toleransi - Menghargai Prestasi - Peduli lingkungan - Tanggung Jawab - Bersahabat - Kreatif, Inovatif |
Tiga | Pendahuluan : (10 Menit) - Apersepsi : Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari. - Menggali pengetahuan awal siswa tentang kebutuhan manusia dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya melalui tanya jawab/kuis.. Kegiatan Inti : ( 60 menit ) - Siswa menerima informasi tentang perilaku manusia yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang - Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 3 - Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan Penutup : (10 menit) - Membuat kesimpulan materi pembelajaran yang telah dipelajari | - Rasa ingin tahu - Kerja Keras - Peduli lingkungan - Rasa ingin tahu - Disiplin - Demokratis - Toleransi - Menghargai Prestasi - Peduli lingkungan - Tanggung Jawab - Bersahabat - Kreatif, Inovatif |
G. Sumber dan Media
Sumber
• Buku BSE IPS Kelas VII, Penerbit JP BOOKS
Media
• Lingkungan masyarakat
• Gambar dan Foto tentang Lingkungan Alam dan Sosial
• Internet dan Kliping Media Massa
H. Penilaian
Jenis | Teknik | Bentuk Instrumen | Instrumen |
1. Kuis | Tes tulis | Jawaban singkat | Terlampir |
2. Tugas kelompok | Portofolio (dokumen pekerjaan) | LKS dan Hasil Diskusi | Terlampir |
3. Tugas individu | Tes rumah | Soal Pilihan Ganda dan Uraian | Latihan soal di Buku Paket BSE halaman 75-76 |
Surabaya, 12 Juli 2010
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Elly Dwi Pudjiastuti, M.Pd Supriyanto, S.Pd
Nip. 19620911 198803 2 007 Nip. 19760422 200801 1 006
LAMPIRAN
LEMBAR KERJA SISWA 1
Petunjuk Pengerjaan :
1. Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2. Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3. Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4. Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.
Soal :
1. Sebutkan 3 Jenis makhluk hidup yang langsung berhubungan dengan kehidupan kita!
2. Sebutkan peran ketiga jenis makhluk hidup tersebut dalam kehidupan kita!
3. Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk individu!
4. Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial!
5. Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi!
6. Sebutkan manfaat kita menjaga hubungan baik dengan lingkungan social kita (sesame manusia), minimal 3!
7. Sebutkan manfaat kita menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup kita (alam), minimal 3!
@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@
LEMBAR KERJA SISWA 2
Petunjuk Pengerjaan :
1. Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2. Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3. Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4. Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.
Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan?
2. Sebutkan macam-macam kebutuhan beserta contohnya!
3. Jelaskan fungsi alam dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia!
4. Jelaskan manfaat keharmonisan lingkungan sosial masyarakat dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan hidup!
@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@
LEMBAR KERJA SISWA 3
Petunjuk Pengerjaan :
1. Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2. Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3. Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4. Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.
Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan moral?
2. Jelaskan pentingnya peran moral tersebut dalam usaha manusia memenuhi kebutuhannya!
3. Sebutkan beberapa macam profesi manusia yang bermoral dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan beserta contohnya!
4. Sebutkan beberapa macam profesi manusia yang menyimpang dari moral/norma agama maupun sosial masyarakat!
5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyimpangan perilaku terhadap moral/norma dalam memenuhi kebutuhan tersebut, berikan penjelasan singkat!
@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@
Yth. Teman2 guru IPS... silahkan kasih masukan untuk penyempurnaan RPP selanjutnya.
BalasHapusBU Tjitjih, Pak Rudi... SELAMAT YACH, Bloknya sudah jadi. Silahkan perbanyak up load info22 kegiatan mgmp ips
BalasHapus