Rabu, 26 Oktober 2011

RPP IPS kelas 7 Lingkungan Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 40 Surabaya
Mata Pelajaran          :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                         : VII (Tujuh)
Semester                    : 1 (satu)
Standar Kompetensi  :  Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Alokasi Waktu          :  6 X 40 Menit ( 3 X Pertemuan )
     
A. Kompetensi Dasar
      1.   Menjelaskan Pengertian manusia sebagai makhluk sosial
2.      Memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup  dan lingkungannya (mengandung muatan saling ketergantungan dan norma yang mengaturnya)
3.      Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan

B.  Indikator
      1.   Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial, makhluk individu dan makhluk ekonomi.
      2.   Menggolongkan berbagai kebutuhan manusia
      3.   Mendeskripsikan sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
4.  Memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup dan lingkungannya (mengandung muatan saling ketergantungan dan norma yang mengaturnya)

C.    Tujuan Pembelajaran
        Pertemuan 1
        1.   Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial
        2.   Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk individu
        3.   Melalui diskusi, siswa dapat mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk ekonomi

       Pertemuan 2
        1.    Melalui telaah referensi, dan penugasan, siswa dapat menggolongkan macam-macam kebutuhan manusia
        2.   Melalui sharing dengan temannya, siswa dapat memberikan contoh macam-macam kebutuhan manusia

      Pertemuan 3
        1.   Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang bermoral baik dalam memenuhi kebutuhan
        2.   Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang bermoral tidak baik dalam memenuhi kebutuhan
3.   Melalui diskusi dengan temannya, siswa dapat memberi contoh bentuk hubungan sosial antar manusia dengan makhluk hidup dan lingkungannya

D.    Materi Pembelajaran
        Pertemuan 1
        -     Manusia sebagai makhluk sosial
        -     Manusia sebagai makhluk individu
        -     Manusia sebagai makhluk ekonomi
        Pertemuan 2
        -     Pengertian kebutuhan
        -     Macam-macam kebutuhan

        Pertemuan 3
        -     Perilaku manusia yang bermoral baik dalam memenuhi kebutuhan
        -     Perilaku manusia yang bermoral tidak baik dalam memenuhi kebutuhan

E.    Metode Pembelajaran
        -     Presentasi
        -     Pembelajaran kooperatif
        -     Penugasan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran



Pertemu-an ke
Kegiatan
Karakter
Satu
Pendahuluan :( 10 Menit )
-   Apersepsi : Memberikan informasi tentang kompetensi, materi, indokator dan penilaian pada KD
-  Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari.
-  Menggali pengetahuan awal siswa tentang hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi melalui tanya jawab/kuis.

Kegiatan Inti : (60 menit)
-   Siswa menerima informasi tentang hakekat manusia sosial, makhluk individu dan makhluk ekonomi dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya.
-   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang
-   Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 1
-   Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan

Penutup : (10 menit)
-   Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari

-       Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan





-       Rasa ingin tahu
-       Disiplin
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat


-       Kreatif, Inovatif
Dua
Pendahuluan : (10 Menit)
-   Apersepsi : Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari.
-  Menggali pengetahuan awal siswa tentang kebutuhan manusia dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya melalui tanya jawab/kuis..

Kegiatan Inti : (60 Menit)
-   Siswa menerima informasi tentang kebutuhan dan macam-macam kebutuhan dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya.
-   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang
-   Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 2
-   Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan
Penutup : (10 Menit)
-   Membimbing siswa membuat kesimpulan materi pembelajaran yang telah dipelajari

-        Rasa ingin tahu
-        Kerja Keras
-        Peduli lingkungan




-        Rasa ingin tahu
-        Disiplin
-        Demokratis
-        Toleransi
-        Menghargai Prestasi
-        Peduli lingkungan
-        Tanggung Jawab
-        Bersahabat

-       Kreatif, Inovatif
Tiga
Pendahuluan : (10 Menit)
-   Apersepsi : Memberikan motivasi kepada siswa terkait dengan manfaat materi yang akan dipelajari.
-  Menggali pengetahuan awal siswa tentang kebutuhan manusia dan kaitannya dengan makhluk hidup dan lingkungannya melalui tanya jawab/kuis..

Kegiatan Inti : ( 60 menit )
-   Siswa menerima informasi tentang perilaku manusia yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
-   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 4-5 orang
-   Setiap kelompok berdiskusi mengerjakan tugas dalam LKS 3
-   Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan


Penutup : (10 menit)
-   Membuat kesimpulan materi pembelajaran yang telah dipelajari

-        Rasa ingin tahu
-        Kerja Keras
-        Peduli lingkungan




-        Rasa ingin tahu
-        Disiplin
-        Demokratis
-        Toleransi
-        Menghargai Prestasi
-        Peduli lingkungan
-        Tanggung Jawab
-        Bersahabat


-       Kreatif, Inovatif

G.    Sumber dan Media
        Sumber
        •     Buku BSE IPS Kelas VII, Penerbit JP BOOKS

        Media
        •     Lingkungan masyarakat
        •     Gambar dan Foto tentang Lingkungan Alam dan Sosial
        •     Internet dan Kliping Media Massa

H.    Penilaian
       
Jenis
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Kuis
Tes tulis
Jawaban singkat
Terlampir
2. Tugas kelompok
Portofolio (dokumen pekerjaan)
LKS dan Hasil Diskusi
Terlampir
3. Tugas individu
Tes rumah
Soal Pilihan Ganda dan Uraian
Latihan soal di Buku Paket BSE halaman 75-76

                                                                                                Surabaya, 12 Juli 2010
                       Mengetahui:
                    Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran




       Dra. Elly Dwi Pudjiastuti, M.Pd                                             Supriyanto, S.Pd
        Nip. 19620911 198803 2 007                                    Nip. 19760422 200801 1 006



LAMPIRAN

LEMBAR KERJA SISWA 1

Petunjuk Pengerjaan :
1.      Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2.      Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3.      Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4.      Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Soal :
1.      Sebutkan 3 Jenis makhluk hidup yang langsung berhubungan dengan kehidupan kita!
2.      Sebutkan peran ketiga jenis makhluk hidup tersebut dalam kehidupan kita!
3.      Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk individu!
4.      Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial!
5.      Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi!
6.      Sebutkan manfaat kita menjaga hubungan baik dengan lingkungan social kita (sesame manusia), minimal 3!
7.      Sebutkan manfaat kita menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup kita (alam), minimal 3!



@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@






LEMBAR KERJA SISWA 2

Petunjuk Pengerjaan :
1.      Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2.      Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3.      Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4.      Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Soal :
1.      Apa yang dimaksud dengan kebutuhan?
2.      Sebutkan macam-macam kebutuhan beserta contohnya!
3.      Jelaskan fungsi alam dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia!
4.      Jelaskan manfaat keharmonisan lingkungan sosial masyarakat dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan hidup!






@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@




LEMBAR KERJA SISWA 3

Petunjuk Pengerjaan :
1.      Bacakan soal dibawah ini kepada seluruh anggota kelompok.
2.      Mintalah masing-masing siswa membuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu diskusikan hasilnya dengan seluruh anggota kelompok.
3.      Tulislah jawaban yang telah disepakati kelompok pada kertas yang telah disediakan.
4.      Presentasikan Hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.

Soal :
1.      Apa yang dimaksud dengan moral?
2.      Jelaskan pentingnya peran moral tersebut dalam usaha manusia memenuhi kebutuhannya!
3.      Sebutkan beberapa macam profesi manusia yang bermoral dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan beserta contohnya!
4.      Sebutkan beberapa macam profesi manusia yang menyimpang dari moral/norma agama maupun sosial masyarakat!
5.      Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penyimpangan perilaku terhadap moral/norma dalam memenuhi kebutuhan tersebut, berikan penjelasan singkat!





@@@@@@@@@@@$$$$$$$$$$$$$$$$@@@@@@@@@@

2 komentar:

  1. Yth. Teman2 guru IPS... silahkan kasih masukan untuk penyempurnaan RPP selanjutnya.

    BalasHapus
  2. BU Tjitjih, Pak Rudi... SELAMAT YACH, Bloknya sudah jadi. Silahkan perbanyak up load info22 kegiatan mgmp ips

    BalasHapus