Rabu, 26 Oktober 2011

RPP IPS Kelas 8 Pranata sosial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan
:
SMP Negeri 40 Surabaya
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
VIII / 2
Standar Kompetensi
:
Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.    Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.
  1. Mengidentifikasi lingkup lingkungan sosial
  2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat.
  3. Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial.
  4. Menceritakan peran masing-masing dalam setiap lingkungan sosial 9rumah, masyarakat, sekolah).
B. Indikator
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.      Menjelaskan bentuk-bentuk penyimpangan sosial
2.      Menjelaskan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
3.      Menjelaskan dampak-dampak hubungan sosial
4.      Menjelaskan pengertian pranata sosial
5.      Menjelaskan ciri-ciri pranata sosial
6.      Menjelaskan fungsi pranata sosial
7.      Menjelaskan jenis-jenis pranata sosial
8.      Menjelaskan jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial
9.      Mengidentifikasi peran masing-masing dalam setiap lingkungan sosial (rumah, masyarakat, sekolah).
C. Tujuan Pembelajaran
     Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
  1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
  3. Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial
  4. Mendeskripsikan pengertian pranata sosial
  5. Mengidentifikasi ciri-ciri pranata sosial
  6. Mengidentifikasi fungsi pranata sosial
  7. Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial
  8. Mengidentifikasi jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial
  9. Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial
D.  Materi Pembelajaran
  1. Bentuk-bentuk hubungan sosial (interaksi sosial)
  2. Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
  3. Dampak-dampak hubungan sosial
  4. Pengertian pranata sosial
  5. Ciri-ciri pranata sosial
  6. Fungsi pranata sosial
  7. Jenis-jenis pranata sosial
  8. Jenis-jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif)
  9. Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial


E.  Metode
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Inquiri
F.  Strategi Pembelajaran

Kegiatan

Waktu
Karakter

Pertemuan 1

  1. Pendahuluan
-          guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa
-          apersepsi : siswa diminta menyebutkan nama teman akrab di kelasnya.

  1. Kegiatan Inti
a.       Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang
b.      Tiap kelompok diberi 5 soal yang sama tentang pengertian interaksi sosial dan hubungan sosial, faktor terjadinya inetraksi sosial dan hubungan sosial, dampak dari hubungan sosial
c.       Setelah menerima soal, setiap kelompok mengerjakan soalnya masing-masing.
d.      Salah satu kelompok belajar ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi
e.       Salah satu anggota kelompok menjadi moderator untuk memandu jalannya presentasi dan tanggapan dari kelompok lain.
f.       Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/perorangan
g.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan

  1. Penutup
-          penilaian : guru memberikan post test
-          refleksi    : Siswa mengungkapkan kekhawatiran akan dampak negatif dari hubungan sosial



5’





5’

25’



5’

25’




5’
       
  5’



5’

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin



-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat










Kreatif & Inovatif
Pertemuan ke-2
a.      Pendahuluan
-          Guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa
-          Apersepsi: siswa diminta menyebutkan arti lembaga sosial
b.      b.    Kegiatan inti
·         Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
·         Tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa
·         Setiap kelompok diberikan soal yang sama tentang pengertian dan ciri-ciri pranata sosial
·         Setelah menerima sosial setiap kelompok mengerjakan soal masing-masing
·         Salah satu kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi
·         Dengan dipandu moderator, kelompok belajar lain menanggapi jawaban kelompok belajar yang ditunjuk guru
·         Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/perorangan
·         Bersama siswa guru membuat kesimpulan

 

c.       Penutup
-          penilaian: guru memberikan post test
-          refleksi: sisswa menyebutkan ciri-ciri pranata sosial

 

Pertemuan ke - 3

a.      Pendahuluan
-          guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa
-          apersepsi : siswa diminta menyebutkan fungsi keluarga dalam kehidupan

 

b.   Kegiatan Inti

·         siswa dibagi menjadi 8 kelompok
·         Tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa
·         Setiap kelompok diberikan soal tentang fungsi dan jenis-jenis pranata sosial
·         Setelah menerima soal setiap kelompok mengerjakan soal masing-masing
·         Salah satu kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil jawaban diskusi
·         Dengan dipandu moderator, kelompok belajar lain menanggapi jawaban kelompok belajar yang ditunjuk oleh guru
·         Guru memberikan penilaian kelompok/perorangan
·         Bersama siswa guru membuat kesimpulan

 

c.  Penutup

-          penilaian : guru memberikan post test
-          refleksi : siswa menyebutkan fungsi dan jenis-jenis pranata sosial

 



5'



5’

5’

25’

25’


5’

5’




5’




5’




5’



25’

25’


5’


5’




5’

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin



-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat






Kreatif & Inovatif




-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin

-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat







Kreatif & Inovatif


Pertemuan ke - 4
  1. Pendahuluan
·         guru memeriksa kebersihan dan mengabsen siswa
·         apersepsi : siswa diminta menceritakan jenis pengendalian sosial  yang pernah dilakukan

  1. Kegiatan Inti
·         Siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang
·         Tiap kelompok diberi 5 soal yang sama tentang pengertian pengendalian sosial, pengendalian sosial prevantif, pengendalian sosial represif dan peran lembaga pengendalian sosial.
·         Setelah menerima soal, setiap kelompok mengerjakan soalnya masing-masing.
·         Salah satu kelompok belajar ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil diskusi
·         Salah satu anggota kelompok menjadi moderator untuk memandu jalannya presentasi dan tanggapan dari kelompok lain.

·         Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok/perorangan
·         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan

c.   Penutup
·          penilaian : guru memberikan post test
·          refleksi  : Siswa menyebutkan jenis pengendalian sosial preventif dan represif serta peran kelembagaannya.



5’





5’





25’

25’

5’




        5’


5’


-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin


-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat











Kreatif & Inovatif

G.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber belajar : - Buku BSE ilmu pengetahuan sosial, Penerbit : JP BOOKS
                            - lingkungan keluarga, sekolah, media massa dan masyarakat
2.      Media                : Power Point, Kliping Media, Internet

H.    Penilaian
1.      Jenis tagihan        : tes/nontes
2.      Teknik                   : kuis, tes tertulis
3.      Bentuk instrumen            : uraian singkat, isian singkat, pertanyaan lisan, pilihan ganda
4.      Soal/instrumen     : terlampir
              
No
Nama Siswa
Aktivitas Peserta
Kemampuan bertanya
Kemampuan mengeluarkan pendapat
Aktivitas diskusi
Kerja sama
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1













2













3













4













5













Tidak ada komentar:

Posting Komentar