Rabu, 26 Oktober 2011

RPP ips kelas 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:
SMP Negeri 40 Surabaya
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester
:
IX / 1
Standar Kompetensi
:
Memahami perubahan sosial budaya
Alokasi Waktu
:
8 x 40 menit

A.    Kompetensi Dasar:
1.      Mendeskripsikan perubahan sosial budaya pada masyarakat.
2.      Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan.
3.      Mengidentifikasi pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku.
4.      Mengidentifikasi hal-hal penting untuk mencegah pengaruh negatif globalisasi yang berkembang di masyarakat terhadap sikap dan perilaku (narkoba, pergaulan bebas, dll)

B.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat :
  1. Menyebutkan beberapa contoh terjadinya perubahan sosial budaya
  2. Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya
  3. Memberikan contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya
  4. Mengembangkan sikap kritis terhadap pengaruh perubahan sosial budaya
  5. Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan.

C.    Indikator :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat :
1.   Menjelaskan perubahan sosial budaya pada masyarakat.
2.      Mendeskripsikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan.
3.      Menjelaskan pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku.
4.      Menjelaskan hal-hal penting untuk mencegah pengaruh negatif globalisasi yang berkembang di masyarakat terhadap sikap dan perilaku (narkoba, pergaulan bebas, dll)

D.    Materi Pembelajaran
  1. Pengertian perubahan sosial budaya
  2. Contoh-contoh perubahan sosial budaya
  3. Faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya
  4. Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya
  5. Sikap kritis terhadap pengaruh perubahan sosial budaya

E.     Metode Pembelajaran
  1. Ceramah bervariasi
  2. Penugasan
  3. Diskusi kelompok
  4. Tanya jawab

F.     Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan
Kegiatan
Karakter
SATU
Pendahuluan :
·      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
·      Motivasi diciptakan dengan mengajukan pertanyaan. Misalnya, apa yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya ?
·      Apersepsi (Pengetahuan prasyarat)
·      Pengertian sosial, budaya
·      Interaksi sosial

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin

Kegiatan inti :
·      Membentuk kelompok diskusi beranggotakan maksimal 4/3
·      Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan perubahan sosial yang terjadi dalam lingkungan masyarakat
·      Hasil diskusi dipresentasi di depan kelas + 10 menit setelah itu dilakukan tanya jawab
·      Guru bersama siswa mendeskripsikan bentuk perubahan sosial
·      Guru melakukan penilaian hasil diskusi dan presentasi

-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat

Penutup :
·      Siswa merangkum dan membuat kesimpulan
·      Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas
·      Memberikan tugas; identifikasi faktor dan bentuk-bentuk yang mempengaruhi proses perubahan sosial budaya

Kreatif & Inovatif
DUA
Pendahuluan
·      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
·      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya apa yang dimaksud dengan dinamika ?
·      Apersepsi (pengetahuan prasyarat) bentuk-bnentuk perubahan

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin

Kegiatan inti
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
·      Masing-masing kelompok dituvasi untuk mencari dan menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan suatu proses perubahan sosial / faktor-faktor pendorong
·      Hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas dan dilakukan tanya jawab
·      Melakukan penilaian hasil diskusi dan presentasi

-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat
Penutup
·      Siswa merangkum membuat kesimpulan
·      Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat
·      Memberikan tugas : identifikasikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial dan berilah contoh-contohnya

Kreatif & Inovatif
TIGA
Pendahuluan
·      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan
·      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan, misalnya. Berilah contoh perilaku masyarakat adat istiadat ?
·      Apersepsi / pengetahuan prasyarat

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin
Kegiatan inti
·      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
·      Dengan coorporative learning teknik jigsaw, guru menugaskan siswa menguraikan/memperagakan perilaku-perilaku masyarakat akibat adanya perubahan sosial
·      Siswa secara individu ditugasi untuk mencari kliping yang berkaitan dengan suatu proses perubahan yang terjadi dalam masyarakat

-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-       Bersahabat
Penutup
·      Siswa merangkum dan membuat kesimpulan
·      Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi

Kreatif & Inovatif
EMPAT
Pendahuluan
·      Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
·      Motivasi dengan mengajukan pertanyaan. Misalnya. Berikan contoh sikap perilaku masyarakat terhadap/akibat perubahan sosial
·      Apersepsi / perilaku masyarakat sekitar

-   Rasa ingin tahu
-       Kerja Keras
-       Peduli lingkungan
-       Disiplin

Kegiatan inti
·      Siswa dibagi menjadi kelompok
·      Dengan coorporative learning teknik jig saw
·      Guru menugaskan siswa menguraikan / memperagakan perilaku-perilaku sikap kritis terhadap perubahan perilaku sosial

-       Rasa ingin tahu
-       Demokratis
-       Toleransi
-       Menghargai Prestasi
-       Peduli lingkungan
-       Tanggung Jawab
-    Bersahabat
Penutup
·      Siswa dan guru melakukan refleksi tentang perubahan dan sikap kritis masyarakat
·      Siswa merangkum dan membuat kesimpulan

Kreatif & Inovatif

G.    Sumber Pembelajaran
1.      Buku BSE IPS Kelas IX, Penerbit ; JP BOOKS
2.      Media informasi dan telekomunikasi yang relevan

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Tugas
b.      Observasi
c.       Ulangan
2.      Bentuk Penilaian
a.       Soal pilihan ganda
b.      Soai uraian
c.       Bentuk soai / instrumen
3.      Soal / Intsrumen
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi peserta dalam kelompok selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan table observasi aktivitas








No
Nama Siswa
Aktivitas Peserta
Kemampuan bertanya
Kemampuan mengeluarkan pendapat
Aktivitas diskusi
Kerja sama
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1













2













3













4













5














      Pilihan satu jawaban yang paling benar !
  1. Menurut Kingley Dabis, perubahan sosial sebagai
a.       perubahan sistem sosial kemasyarakatan
b.      perubahan diatur dalam sosial kemasyarakatan
c.       perubahan sistem nilai dan moral kemasyarakatan
d.      perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat

  1. Perubahan unsur-unsur kebudayaan karena perubahan pola pikir masyarakat sebagai pendukung kebudayaan disebut …
a.       perubahan budaya masyarakat
b.      perubahan sistem nilai masyarakat
c.       perubahan tertib hidup masyarakat
d.      perubahan pola tingkah laku masyarakat

  1. Berikut ini contoh perubahan yang direncakanan yaitu …
a.       revolusi industri                            c.  pembangunan desa
b.      mode pakaian                                d.  evolusi masyarakat

  1. Suatu penemuan unsur kebudayaan baru baik berupa alat atau gagasan yang diciptakan oleh seorang individu ataupun serangkaian individu dalam suatu masyarakat disebut …
a.       inovasi                                           c.  discovery
b.      ivention                                         d.  extention

  1. Di bawah ini yang bukan termasuk daktor intern penyebab perubahan dalam masyaakat adalah …
a.       pertentangan dalam masyarakat
b.      bertambah dan berkurangnya penduduk
c.       lingkungan alam fisik yang ada di sekitar manusia
d.      terjadi pemberontakan di dalam tubuh masyarakat sendiri

  1. Proses bertemunya dua kebudayaan atau lebih yang bercampur menjadi satu disebut …
a.       difusi kebudayaan                         c.  akulturasi kebudayaan
b.      asimilasi kebudayaan                    d.  desimilasi kebudayaan

  1. Salah satu faktor yang mendorong perubahan-perubahan dalam masyarakat adalah …
a.       adat atau kebudayaan
b.      sikap masyarakat yang tradisional
c.       perkembangan ilmu pengetahuan yang tersumbat
d.      ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu

  1. Terjadinya disintegrasi dalam suatu kehidupan akan menimbulkan …
a.       gejala-gejala kehidupan sosial tidak normal dalam suatu kehidupan
b.      perbedaanperbedaan dalam kehidupan yang mengakibatkan timbulnya kebudayaan-kebudayaan
c.       terhambatnya transfer peningkatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara lain
d.      komunikasi antarmanusia dalam kehidupan masyarakat menjadi sangat kondusif dan inovatif

  1. Suatu unsur dalam masyarakat yang cenderung mempertahankan suatu keadaan untuk tidak berubah di sebut…
a.       unsur dinamika                              c.  unsur anomie
b.      unsur statika                                  d.  unsur apriori

  1. Berikut ini yang bukan merupakan contoh masyarakat yang mengalami disintegrasi, yaitu…
a.       kriminal                                         c.  Gerakan Aceh Merdeka
b.      kenakalan remaja                           d.  Gerakan Indonesia Bersatu

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar !
1.        Jelaskan pengertian perubahan sosial menurut Selo Soemardjan !
2.        jelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat !
3.        Jelaskan 3 faktor esktern penyebab terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat !
4.        Berikan 3 contoh pertentangan (conflict) yang terjadi dalam masyarakat beserta penjelasannya!
5.        Apakah yang dimaksud dengan akulturasi kebudayaan !
6.        Jelaskan 4 faktor yang mendorong terjadi perubahan sosial budaya !
7.        Sebutkan 4 kekuatan yang mendorong terjadinya perubahan sosial !
8.        Sebutkan 2 contoh kesenjangan kebudayaan !
9.        Sebutkan 5 contoh disintegrasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat !
10.    Apakah yang dimaksud dengan “unsur dinamika” dalam perubahan masyarakat !

                                                                                                             
                                                                                                              Surabaya, 12 Juli 2010
                       Mengetahui:
                    Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran



          Dra. Elly Dwi Pudjiastuti, M.Pd                                                         Supriyanto, S.Pd
            Nip. 19620911 198803 2 007                                             Nip. 19760422 200801 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar