Silabus
Sekolah :
SMP NEGERI 40 SURABAYA
Kelas / Semester : VII
/ Ganjil
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
Karakter Yang di Integrasikan : Religius, kerja sama, rasa
ingin tahu, komunikatif, dan demokratis.
Kompe tensi
dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
PENILAIAN
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1.
Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
2.2.
Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadi an
2.3.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
3.2.
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Tema :
Kota Metropolitan
Topik :
Pengaruh ekonomi dalam interaksi sosial di kota
Surabaya.
Konsep :
Interaksi
Proses sosial
Sosialisasi
kepribadian
Bentuk-bentuk interaksi sosial
Tindakan
ekonomi
Motif
ekonomi
Prinsip ekonomi
|
Kognitif :
1. Melalui
penjelasan guru siswa mampu mendeskripsikan pengaruh proses Interaksi sosial terhadap pembentukan motif
ekonomi.
2. Melalui
diskusi kelompok, siswa mampu mendeskripsikan Tindakan ekonomi sebagai suatu bentuk interaksi sosial.
3. Melalui
diskusi kelompok dan presentasi, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh sosialisasi
prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan komunikatif.
Afektif :
·
Melalui kegiatan memperhatikan
pejelasan guru, siswa mampu mengembangkan rasa ingin tahu
·
Melalui diskusi kelompok, siswa mampu
mengembangkan sikap kerja sama dan demokratis.
·
Melaluli kegiatan presentasi, siswa
siswa mampu mengembangkan sikap keberanian
Psikomotor:
·
Melalui diskusi dan kerjasama
kelompok, siswa mampu menyusun laporan hasil diskusi.
·
Melalui presentasi,
siswa mampu mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui
presentasi
|
Kognitif :
1. Mendeskripsikan pengaruh proses
Interaksi sosial terhadap
pembentukan motif ekonomi.
2. Mendeskripsikan Tindakan ekonomi
merupakan suatu bentuk interaksi sosial.
3. Mengidentifikasi pengaruh sosialisasi
prinsip ekonomi terhadap proses pembentukan kepribadian.
Afektif :
4. Mengembangkan
rasa ingin tahu
5. Mengembangkan
sikap demokratis.
6. Mengembangkan
sikap kerja sama.
7. Mengembangkan
sikap komunikatif.
Psikomotor :
8. Membuat
laporan hasil diskusi kelompok.
9. Mengkomunikasikan
hasil diskusi kelompok melalui presentasi.
|
Tes tulis
Non Tes
|
Tes Pilihan ganda
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
|
Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5
proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.
Contoh interaksi sosial berikut ini adalah
....
a.
Guru mengajar siswa
b.
Petani menyiram tanaman
c.
Pawang melatih gajah
d.
Sopir menyetir taksi
Buatlah kliping berita dari media
cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
-
individu dengan individu
-
individu dengan kelompok
-
kelompok dengan kelompok
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?
Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia
adalah karena ... .
a. kebutuhan
c. sosial
b. keuntungan
d. penghargaan
Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan
tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan berdasarkan motif
ekonomi!
Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dalam
kehidupan sehari-hari yang berdasarkan
prinsip ekonomi.
|
6 JP
|
·
Gambar-gambar tentang interaksi
sosial dan sosialisasi.
·
VCD
·
Buku BSE IPS.
·
Surat kabar.
·
Masyarakat
·
Keluarga
·
Lingkungan masyarakat
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. Laili Fadila, MM
NIP: 19620313 198703 2 010
|
|
Surabaya, 9 Agustus 2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Supriyanto,S.Pd
NIP:19760422 200801 1 006
|
MGM Resorts to Acquire Slots and Casino Boss - DrmCD
BalasHapusMGM Resorts 오산 출장마사지 plans to sell all the slots 동해 출장안마 and casino properties to 오산 출장샵 MGM Resorts for $15 양주 출장안마 million. The deal will include a total of 서귀포 출장샵